Cara Mengubah Rekaman Menjadi MP3

Pada artikel Saya kali ini, saya akan membahas bagaimana cara mengubah format rekaman HP, Smartphone Android, atau Iphone. Format dari rekaman tersebut akan di ubah ke .mp3. Mengapa diubah ke .mp3? Karena hampir semua audio player di Smartphone Android dan Iphone bisa memutar audio dalam format .mp3

Biasanya format hasil rekaman dari HP, Smartphone Android, atau Iphone adalah .AMR .WAV .3GA, dll. Sayangnya beberapa format tersebut tidak bisa diputar di pemutar audio perangkat yang lain. Jadi, solusi yang mudah adalah mengubahnya ke format .MP3

Untuk percobaan kali ini, saya akan menggunakan file rekaman dari Android Smartphone Samsung Galaxy Young GT-S5360. File rekaman dari ponsel ini berformat .3GA yang direkam menggunakan aplikasi recorder bawaan dari ponsel tersebut (tanpa aplikasi tambahan).

Cara di bawah ini juga bisa digunakan untuk mengubah format file dari MP3 ke fomat yang lain. Misalnya anda ingin mengubah format MP3 ke WAV. Ada beberapa format audio yang bisa diconvert menggunakan software ini, antara lain MP3, WAV, WMA, OGG, MPC, AAC, MP4, FLAC, APE, AMR, dan Opus.

Berikut adalah cara untuk mengubah format rekaman menjadi MP3 :
  1. Download Software Total Audio Converter Full Version. Di sini kami tidak menyediakan software tersebut, tetapi anda bisa mendownloadnya secara Full Version di sini. (Link ini akan membuka tab baru yang akan menuju ke situs lain. Saya tidak bertanggung jawab terhadap software yang diunggah oleh situs tersebut.) Jika sudah didownload, install software tersebut.
  2. Buka software tersebut. Maka seperti ini tampilannya.
    Cara mengubah rekaman hp menjadi mp3
  3. Hubungkan HP, Smartphone Android, atau Iphone anda ke PC. Bisa menggunakan card reader atau kabel USB. Setelah itu, cari file rekaman yang ingin diconvert melalui panel folder di sebelah kiri.
    3ga to mp3
  4. Klik file yang akan diubah formatnya, lalu klik logo MP3 di pojok kiri atas.
    wav to mp3
  5. Pilih lokasi penyimpanan untuk file yang sudah diubah formatnya ke MP3. Setelah itu klik Start! untuk memulai pengubahan format.
    amr to mp3
  6. Kotak dialog loading akan muncul. Tunggu sampai proses convert selesai.
  7. Setelah selesai kotak dialog finish akan muncul.
    mengubah format amr ke mp3
Demikian cara mengubah format file rekaman menjadi MP3. Semoga dapat membantu :D


EmoticonEmoticon